Natal Bersama dan Ulang Tahun Sekolah

Senin, 08 Januari 2024
natal-bersama-dan-ulang-tahun-sekolah

Pada tanggal 5 Januari 2024, SMP Santo Aloysius merayakan Hari Ulang Tahun ke-57. Ulang Tahun sekolah yang sebenarnya adalah tanggal 1 Januari 1967, tetapi sekolah merayakan Hari Ulang Tahun di tanggal 5 Januari 2024 agar persiapan acara semakin matang, selain itu pada tanggal 1 Januari 2024 masih libur sekolah. Sekolah kami juga merayakan Natal bersamaan dengan perayaan HUT tersebut.

Persiapan berlangsung 2 hari sebelum acara resmi diselenggarakan dimana murid-murid dapat mempersiapkan pentas yang akan dilakukan kelas mereka masing-masing. Sementara itu, OSIS mempersiapkan dan mendekorasi ruang Aula bersama bapak dan ibu guru/karyawan untuk perayaan yang akan datang.

Acara dimulai dengan Misa perayaan HUT dan Natal SMP Santo Aloysius Sleman bersama siswa/i, bapak, ibu guru serta karyawan, dan para tamu undangan. Acara berlanjut ke Pentas Seni yang diawali dengan sambutan dari ibu Franxischa Sutriyantini, S.Pd selaku kepala sekolah sekaligus pemotongan tumpeng yang dibagikan kepada Suster Marsela, Alumi, dan Ketua OSIS. Setelah itu Suster Marsela dari SND memberikan presentasi pengenalan SND kepada murid dan orang tua beserta sejarahnya. Penampil awal dari juara 1 Musikalisasi Puisi Class Meeting akhir semester lalu yang ditampilkan oleh Salva, Qian, Nasywa, dan Daniel dengan menampilkan sebuah puisi yang dinyanyikan berjudul “Aku Ingin Mencintaimu Dengan Sederhana” oleh Sapardi Djoko Darmono.

Penampilan kedua berlanjut pertunjukan drama yang ditampilkan oleh kelas 8. Drama tersebut menceritakan kisah seorang anak perempuan yang masuk ke sekolah baru dimana anak ini mengatakan bahwa dirinya adalah seorang yang kaya. Pada kenyataannya - di akhir cerita - dia adalah seorang anak yang datang dari keluarga kurang mampu dan dia meminta maaf karena telah berbohong kepada teman-temannya. Drama tersebut memiliki amanat mengenai persahabatan yang baik itu didasari dengan ketulusan dan kejujuran. Bukan yang membeda-bedakan harta ataupun rupa dan jangan kalian berpura-pura hanya karena gengsi, apalagi sampai menyulitkan orang lain bahkan orang tua kalian sendiri. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan presentasi dari seorang alumni yang menjelaskan segala hal tentang multimedia dan memberi motivasi untuk belajar dan meraih mimpi.

Berlanjut ke penampilan selanjutnya yang ditampilkan oleh kelas 9 dengan penampilan drama musikal yang diambil dari “Upin & Ipin; Pengembala dan Biri-biri.”. Kelas 7 menjadi penampil terakhir yang menampilkan dance dan musik dimana diakhir penampilan, mereka memberi kue kepada ibu Franxischa, Suster Marsela, perwakilan wali anak dan alumni sebagai kue ulang tahun sekolah. Setelah itu, Clossing by MC yang diakhiri dengan makan siang prasmanan bersama.