Menyongsong UN 2018

Tanggal: Kamis / 20 September 2018
menyongsong-un-2018

MENGHITUNG HARI MENUJU UJIAN NASIONAL, 

 SAMBIL MEMOTIVASI DIRI DEMI HASIL YANG LEBIH BAIK  

 Oleh : St. Bani Sambodo

 

 

Sebentar lagi Ujian Nasional akan segera digelar secara serentak. Tepatnya yaitu dari hari Senin sampai dengan hari Kamis, 23 s/d 26 April 2018. Sebuah pagelaran nasional yang terjadi setiap tahun. Dalam menghadapi event tersebut tentu banyak hal telah dikemas , dipersiapkan agar pada saat nanti semua bisa berjalan sesuai dengan harapan . Harapan anak, orang tua , sekolah dan juga penyelenggara dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan. 

Kia-kiat yang dilakukan antara lain adalah mengadakan kegiatan pelajaran sehabis KBM , membeli buku buku yang berisi soal soal latihan , mengikutsertakan guru-guru pengampu Mata Pelajaran UN pada kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan Ujian Nasional khususnya yang membahas tentang soal soal  pada mata pelajaran akan diujikan pada UN nanti. Sekolah juga memastikan pada kelayakan media di ruangan kelas bekerja dengan baik. Sehingga kegiatan pembelajaran pada siswa kelas 9 yang semakin intensif, sungguh bisa berlangsung dengan optimal.  Sangat disayangkan memang, hanya karena faktor sepele kegiatan KBM tidak bisa berjalan dengan maksimal. Misalnya media LCD projector harus bisa bekerja dengan baik sebab alat tersebut  merupakan alat yang vital dalam KBM. Dimana sekarang hampir di semua sekolah telah melibatkan penggunaan tehnologi IT dalam KBM.

Selain upaya-upaya yang terlah dilakukan tersebut di atas , penting kiranya pada diri siswa juga menumbuhkan semangat atau memotivasi diri. Karena dengan motivasi diri atau yang berasal dari dalam diri siswa , siswa memiliki energy atau dorongan yang yang lebih kuat untuk meraih dengan hasil yang lebih memuaskan. Untuk itu kita bisa belajar dari ungkapan ungkapan yang mungkin dapat menginspirasi , supaya dalam kita melangkah dan memperjuangkan  hal mungkin berat menjadi lebih ringan. Untuk itu mari kita resapkan, hayati dan jadikan kata kata inspirasi berikut ini menjadi bekal untuk meraih kesuksesan

 

No Pain , No Gain

Tiada ada penderitaan , tidak ada ada hasil. Berakit-rakit ke hulu , berenang-renang ketepian , bersakit sakit sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

 

Saat pembelajaran dikelas , khusunya pada jam tambahan , banyak siswa saya yang kelihatannya terlihat kurang bersemangat, malas berlatih dan sebentar bentar melihat jam dinding. Mungkin dalam hatinya bilang “ Duh lama banget sih , enakan pulang aja “. Kalo hal ini sampai terjadi waduh bagaimana kita berharap bisa meraih kesuksesan . Oleh karena untuk bisa sukses yang harus belajar lebih giat, mengurangi hal –hal yang kurang  berguna seperti main Gadget(HP), mondar-mandir kesana kemari, bermalas- malasan dan lain-lain.

 Nothing is Imposible

Tiada yang mustahil

Hal sederhana mungkin bisa digunakan untuk  membedakan antara siswa yang berprestasi dan siswa yang kurang berprestasi. Suatu saat ketika saya memberikan tugas pada siswa untuk mengerjakan tugas dari buku latihan . sengaja memang saya sampaikan dengan lisan untuk menguji sejauh mana siswa merespon istruksi yang berikan. Saya perhatikan hampir sebagian besar siswa tidak segera melaksanakan intruksi yang diberikan tetapi malahan terkesan lambat dan kurang cekatan dalam melaksanakan tugas. Ada yang justru ngobrol, ada yang jalan mondar mandir, malah ada yang menyanakan jenis tugas apa yang diberikan, ,ada yang masih main pukul pukul meja sambil tiduran …hadeuh . Pada anak anak yang memiliki prestasi yang membanggkan  saya perhatikan sungguh beda dan responsive sekali dalam menerima tuagas yang diberikan. Tentu kalo kita mau meraih sukses hal hal tersebut harus dibuang dari sifat sifat kiat, dan perlu ditumbuhkan karakter yang tanggap , cepat, tepat dan semangat dalam mengerjakan tugas

 

 

Practice makes us right, repetitions make us perfect.”

Praktek membuat kita benar, pengulangan membuat kita sempurna.

 

 

 

Barangkali sudah ratusan soal-soal dibahas dan dilatihkan, namun kenapa dari waktu ke waktu, dari Try out ke try out , TPM demi TPM hasilnya jauh dari harapan . Payah banget. Penyebab terbesar karena biasanya kita terlalu malas untuk berlatih , mengulang dan  mengerjakan soal soal sendiri kembali dirumah. Oleh karena apa yang didapat dari sekolah sudah seharusnyalah juga dilatihkan dirumah .

 

 Your future is determined by what you start today.”

Masa depanmu ditentukan oleh apa yang kamu mulai hari ini

 

 

Never lose hope, because it is the key to achieve all your dreams

 

Jangan pernah kehilangan harapan, karena itu adalah kunci untuk meraih semua mimpi

 

If we never try, we will never know”.

Jika kita tidak pernah mencoba, maka kita tidak akan pernah tahu.

 

 

If you are born in a poverty, it’s not your fault. But if you die in a poverty, it’s being an absolute mistake you have made.”

Jika kamu terlahir dalam kemiskinan, itu bukan salahmu. Tapi, jika kamu mati dalam kemiskinan, maka itu adalah kesalahan mutlak yang kamu buat

  

When you want to give up, look at back and then see how far you have climbed to reach your goals.”Ketika kamu ingin menyerah, lihatlah kebelakang dan kemudian ketahui seberapa jauh kamu telah berusaha untuk meraih tujuanmu.

 

 

 

There is no elevator to success. You have to take the stairs.”

 

 

 

 Tidak ada lift untuk mencapai kesuksesan. Kamu harus menaiki tangga).

 

Do not ever give up, the beginning is always the hardest.

Jangan pernah menyerah, memulai adalah selalu hal yang tersulit

 

 

SELAMAT MEMPERSIAPKAN

MASA DEPAN

DAN

JAUHI NARKOBA !!!