MISA SYUKUR UNTUK MENGAWALI TAHUN AJARAN BARU 2019-2020

Rabu, 07 Agustus 2019
misa-syukur-untuk-mengawali-tahun-ajaran-baru--20192020-

MISA SYUKUR

UNTUK MENGAWALI

TAHUN AJARAN BARU  2019-2020 

Oleh : Admin

               

 

Manusia sebagai umat ciptaan Tuhan tentu akan selalu teringat dan mengucap syukur akan segala berkat yang telah dilimpahkanNya. Dan Tuhan tidak saja mengaruniakan dengan banyak kelebihan, tetapi sudah menjadi sifat atau esensi  bahwa manusia juga merupakan makhluk yang lemah.Lemah terhadap banyak hal, mengapa lemah karena manusia masih terikat akan pengaruh maupun kehendak kedagingan, bukan hidup di bawah bimbingan Roh seperti malaikat di surga atau bahkan Tuhan yang memang sempurna. Segenap pancaindra dan keinginan-keinginan duniawi  yang tentu saja memerlukan sebuah obyek untuk bisa dinikmati, yang menyebabkan kita menjadi makhluk yang lemah. Banyak hal mungkin bisa menjadi cermin, bahwa keinginan duniawi yang salah bukan hanya meyebabkan orang jatuh dalam situasi kedosaan tapi juga memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan .

                Demikian juga Keluarga Besar SMP Santo Aloysius Sleman, selain menyadari akan betapa besar kebaikan Tuhan  dan sekaligus juga merasa bahwa sebagai sekelompok yang hidup bersama dalam bingkai SMP Santo Aloysius Sleman. Tentu juga memiliki kelemahan, kekurangan dan tidak bisa hidup dengan tidak mengandalkan Tuhan . Segala gerak langkah atau dinamika yang terjadi di dalamnya biarlah Tuhan yang membimbing dan mengarahkannya.

                Oleh karena keyakinan tersebut diatas , setiap awal tahun. SMP Santo Aloysius Sleman mengungkapkan syukur sekaligus memohon agar Tuhan juga selalu menjiwai, memberi petunjuk dan mengarahkanNya dengan mengadakan  Misa Kudus .Mengapa dengan misa Kudus ? bukan kenduri ? atau hanya sekedar Doa bersama? , karena dalam iman Katholik Misa Kudus merupakan peristiwa atau ritual doa yang merupakan puncak dari segala doa. Puncak dari segalan  ibadah yang ada.

                Pada pelaksanaan Misa awal tahun ini dilaksanakan Hari Senin,5 Agustus 2019 dari Pukul 07.30 sampai dengan pukul 09.00, dipimpin oleh Romo Petrus Tri Margana, Pr. Puji Tuhan !! Karena prosesi Misa Kudus bisa berjalan dengan khidmat, tertib dan lancar. Sebab menurut penulis, untuk persiapan kegiatan Misa Kudus ini, bertepatan dengan kegiatan kedinasan yang memang  tidak bisa ditinggalkan. Sehingga karena kesibukan kesibukan tersebut dalam persiapannya dirasa kurang maksimal. Dalam homili yang dibawakan, Romo Tri menyampaikan bahwa segala keberhasilan yang  ingin dicapai tentu memerlukan niai-nilai  ketekunan, kerja keras ,kemauan yang kuat dan tidak mudah menyerah. Siswa siswa juga mengikuti dengan khusyuk , Apalagi  lagu – lagu yang dibawakan dengan semangat oleh siswa menambah suasana Misa tidak hanya Khidmat atau khusuk , tetapi juga sekaligus meriah dan semarak.

               

 

Trimakasih Tuhan , semoga setahun kedepan SMP Santo Aloysius di bawah bimbingan dan penyertaan-Mu mampu menghasilkan dan mempersembahkan prestasi yang terbaik bagi – Mu

 

" MARI KITA PERGI KITA DIUTUS TUHAN

WARTAKAN  KABAR KESELAMATAN-NYA

MARI KITA PERGI SEMAIKAN KASIH TUHAN

KEPADA SEMUA  UMAT MANUSIA

JADILAH TERANG DUNIA

TERANGILAH SEMUA MANUSIA

JADILAH GARAM DUNIA

GARAMILAH SEMUA MANUSIA " 

 

Misa ditutup dengan sebuah lagu berjudul “ MARI KITA PERGI “ seperti lirik tersebut di atas.

 

 Semoga dengan lagu yang dinyanyikan tersebut, dapat sungguh menginspirasi supaya Keluarga Besar SMP Santo Aloysius menjadi Terang dan garam bagi seluruh umat. TANPA KECUALI !!  // stbnsbd